Panduan Menyusun Review Anime Dengan Tepat

Review Game Scarlet Nexus: Karakternya Menarik tapi Cerita B Aja?

Akhir-akhir ini, ada banyak orang-orang yang sering menulis seputar anime dan manga. Anime memang menjadi suatu hal yang sangat menarik dan menonton anime bisa menghibur diri dengan menontonnya lewat situs anime terbaik. Apa lagi ada banyak genre anime juga yang bisa kita pilih. Dalam menyusun review anime, maka kita akan memberikan suatu ringkasan. Pastikan tujuan sudah tepat yaitu memberikan informasi dengan sebaik mungkin mengenai anime kepada para penonton.

Setelah membicarakan anime tertentu secara umum, maka bisa memberikan juga detail informasi yang penting seputar anime yang tengah dibahas. Sinopsis merupakan informasi penting jadi kita harus tahu bagaimana menyusun sinposis tersebut. Pastikan semua info berdasarkan yang didapat dari anime terkait bukan dari anime lain atau sumber lain. Agar lebih jelas, berikut ini panduan selanjutnya untuk membuat suatu review anime.

Hindari kata-kata yang merujuk kepada spoiler

Untuk hal ini sebenarnya wajib, jangan sampai memberikan spoiler ke pembaca. Spoiler merupakan bocoran yang bisa membuat pembaca merasa tidak nyaman. Dampaknya bahkan bisa membuat pembaca malas menonton anime karena membaca review yang terdapat spoiler. Spoiler ini bisa membuat kesan buruk pada saat nonton anime, tidak asik tentunya jika kita menonton anime tetapi sudah tahu beberapa cerita di dalam episode anime tersebut. Sebagai contoh, misalkan dalam anime terdapat adegan misteri pembunuhan, dan pembunuh  sebenarnya itu dekat dengan karakter utama. Hal seperti ini yang tidak boleh ada pada review anime kita, karena bisa membuat pembaca menyesal membaca review tersebut. Jika memang terlanjur membaca spoiler, maka menonton anime tidak seru jadinya. Jadi, lebih baik pastikan tidak memberikan apa pun itu bocoran isi cerita anime ke pembaca. Meski begitu, ada juga review anime yang sengaja dibuat dengan spoiler. Tetapi jika ingin membuat review seperti itu, di awal harus disertakan peringatan tulisan mengandung spoiler. Saat pembaca melihat peringatan tersebut, maka bisa mempertimbangkan untuk membaca review atau tidak.

Usahakan membuat pendapat yang sejelas mungkin dan beri nilai

Pendapat dari kita lebih baik diutarakan secara jelas, sehingga hindari bertele tele. Pembaca akan membuka konten dan tentu ingin tau seperti apa pendapat kita akan sebuah anime. Jadi  sudah jelas isi konten review ialah murni pendapat pribadi kita termasuk dari segi penilaiannya yang pada dasarnya relatif. Dengan memberikan nilai pada setiap anime tertentu yang sudah kita bahas, merupakan poin plus. Karena penilaian tersebut bisa menjadi acuan pembaca dalam menentukan langkah mereka apakah ingin lanjut nonton anime tersebut atau tidak. Saat memberikan nilai, maka harus sesuai yang kita rasakan atau dengan kata lain harus jujur. Sangat mungkin penilaian akan beda dengan penilaian pembaca atau reviewer lain. Hal ini tidak menjadi masalah, konteks nilai di konten yang kita buat adalah penilaian dari kita sendiri, bukannya penilaian objektif.

Menyertakan ulasan seputar bagian Anime

Mungkin ada beberapa dari anda yang bingung untuk hal satu ini. Maksudnya adalah menyertakan ulasan isi anime bukannya membeberkan detail tertentu yang berujung kepada bocoran/ spoiler. Kita bisa memberikan pendapat mengenai bagian penting di anime terkait. Misalnya saja yang jelas seperti karakter, pengisi suara, sound, visual, cerita secara umum dan sebagainya. Untuk penjelasan bagian anime bisa disertakan seperlunya saja tidak perlu semua bagian ada. Tiap karya anime mempunyai karakteristik masing masing, sertakan detail yang memang perlu dan juga tinggalkan hal yang tidak terlalu penting dibahas termasuk spoiler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *