Tips Menjadi Single Mom Yang Bahagia Dan Sukses

Tidak ada satu wanita pun yang menginginkan perceraian. Pastinya setiap wanita mendambakan memiliki keluarga yang utuh dan bahagia, termasuk Anda. Tetapi terkadang adanya sebuah kondisi tertentu yang membuat perceraian menjadi satu satunya jalan yang terbaik bagi kedua belah pihak. Pada kebanyakan kasus, wanita memilih menjadi single mom setelah bercerai. Pastinya tugas menjadi orang tua tunggal itu tidak mudah. Anda harus merawat, mendidik, serta membesarkan si kecil seorang diri, anda akan memiliki beban mental yang lebih berat. 

Demi anak anaknya, seorang single mom harus berperan ganda yaitu menjadi seorang ibu sekaligus menggantikan sosok ayah yang telah hilang. Terlebih lagi sang mantan suami ternyata melepaskan tanggung jawabnya dengan tidak memberi nafkah. Maka mau tidak mau, ibu juga harus peran sebagai pencari nafkah bagi si kecil. 

Meski begitu tidak seharusnya kondisi tersebut membuat surutnya semangat ibu, justru ibu harus bangkit untuk membangun keluarga bahagia bersama si kecil meski tanpa kehadiran suami. Berikut dibawah ini tips menjadi single mom yang bahagia dan sukses diantaranya yaitu : 

  1. Berpikir Positif

Hal terpenting yang harus ibu lakukan adalah merubah mindset atau pola pikir. Singkirkan trauma dimasa lalu dan yakinkan diri bahwa ibu akan mampu menjalaninya. Segala tantangan yang dihadapi akan terasa lebih mudah saat ibu selalu berpikir positif. 

  1. Tidak Membohongi Anak

Jangan pernah membohongi anak tentang penyebab perceraian apapun alasannya. Saat anak ibu sudah beranjak besar dan memahami keadaan, beri penjelasan pada anak secara perlahan tentang alasan ibu harus berpisah. Jelaskan juga alasan ayahnya tidak bisa tinggal bersama. Beri penguatan pada anak bahwa ibu akan selalu ada untuknya dan mencintainya. 

  1. Mencari Pekerjaan Yang Tepat

Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang ibu miliki. Akan lebih baik jika ibu bisa mendapatkan pekerjaan dengan waktu yang fleksibel. Sehingga ibu masih bisa tetap fokus mengurus dan merawat si buah hati. Jika memungkinkan, coba sisihkan dari gaji ibu untuk ditabung atau investasi pendidikan anak jangka panjang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *